SAY

SELAMAT DATANG DI PAROKI ST.MARIA IMMACULATA MATARAM, JL. PEJANGGIK NO. 37 MATARAM, LOMBOK, NTB, (0370) 632092
“DIPANGGIL MENJADI PEMIMPIN PASTORAL YANG SOLIDER DALAM KEHIDUPAN BERSAMA DEMI KEUTUHAN CIPTAAN”

Minggu, 20 April 2014

MISA PASKAH

MISA SABTU SUCI 



MISA 1,  IMAM : Rm. Yulius Agi, OCarm

MENGALAMI PASKAH

Misa 1 Sbtu suci di mulai pada pukul 18.00 wita dengan perarakan dan pemberkatan api suci di pelataran halaman gereja dalam suasana hampir gelap.  Misa dipimpin oleh Rm Agi OCarm dengan menandai simbol-simbol pada lilin paskah yang indah sebagai presentasi Kristus yang berkuasa dan bangkit mulia, umat diajak memandang terang lilin paskah sebagai bentuk iman.  "KRISTUS CAHAYA DUNIA,.... SYUKUR KEPADA ALLAH".  pujian menyambut sang cahaya masuk dalam altar gereja.  


Kidung paskah berkumandang indah dalam suasana temaram lilin paskah menghantarkan rasa syukur dan pujian umat Allah bagi Yesus yang bangkit.   Sorak-sorailah umat dengan gembira dan syukur.


Lektor



Bacaan firman dibawakan oleh Pasutri Yayuk-Hari, bagaimana kisah penciptaan dunia diringi dengan gema indah paduan suara Lingkungan Sweta dngan kondukter Bp. Luis dan Bp. Rino.  Bacaan ke dua masih oleh pasutri Yayuk - Hari mengantarkan umat memasuki tanah perjanjian dari perbudakan Mesir dengan menampilkan keperkasaan Allah menyebarangi Laut Merah.   Bacaana dilanjutkan dengan bacaan surat Rasul Paulus.


Pesan Paskah

Rm Agi, OCarm menyampaikan pesan paskah dalam bentuk perumpamaan "Apa yang akan dilakukan seandainya menjadi aku?" seorang ibu yang membesarkan 5 orang anak karena ditinggal lari suaminya, yang setelah 13 tahun baru kembali menemuinya dan anak-anak yang sudah besar, Meskipun berat sekali untuk menerima sang suami, namun Ia menerimanya, walau anak-anak menolaknya.  Apa yang harus dilakukan seandainya menjadi aku? Ibu ini memutuskan untuk menerim suaminya, artinya ia mengalami paskah.  Menerima dan menjalankan suatu proses kehidupan yang sulit dan berat, semua orang akan mengalami proses.  Ada yang kemudian mengalami paskah dengan mau dan menerima beban hidup itu, dan ada yang masih berproses paskah dengan masih mencoba untuk menerima hidup.   Refleksi : apakah aku sudah mengalami paskah ? atau masih berproses dalam paskah?

 Selamat paskah, selamat mengalami paskah di dalam hidup.


Misa 1 di hadiri oleh umat yang lumayan banyak, kira-kira 1000 orang hadir, terlihat dalam gereja penuh sementra tenda luar dan aula juga hampir penuh terisi, umat berbondong mengikuti misa  pertama meningat misa dimulai pukul 18.00 wita. Pintu gerbang ditutup pada saat doa pembukaan,  cuaca relatif cerah dan misa berakhir pukul 20.00 wita, umat di himbau untuk segera meninggalkan gereja karena umat yang akan mengikuti misa ke dua akan segera masuk. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar