SAY

SELAMAT DATANG DI PAROKI ST.MARIA IMMACULATA MATARAM, JL. PEJANGGIK NO. 37 MATARAM, LOMBOK, NTB, (0370) 632092
“DIPANGGIL MENJADI PEMIMPIN PASTORAL YANG SOLIDER DALAM KEHIDUPAN BERSAMA DEMI KEUTUHAN CIPTAAN”

Minggu, 10 Januari 2016

Pembukaan Pintu Kerahiman Illahi


LogoMisericodia
 “Hendaklah kamu murah hati seperti Bapamu.” Hal itu, menurut Bapa Suci, mencakup, membuka hati kita dan memberi kesaksian tentang kerahiman di mana-mana, karena, “Pengampunan adalah kekuatan yang dapat menimbulkan kehidupan baru dan menanamkan keberanian untuk melihat masa depan pengharapan.” Demikian moto tahun Kerahiman Illahi yang termuat dalam surat Uskup Denpasar DR Mgr. Silvester San, Pr yang dibacakan oleh Pastor Lorensius Maryono, Pr dalam pembukaan Pintu Kerahiman Illahi di Gereja St. Maria Immaculata Mataram. 
Tahun Yubileum Kerahiman menjadi momen rahmat sejati bagi semua umat Kristiani dan menjadi sebuah kebangkitan untuk meneruskan langkah evangelisasi baru dan pembaharuan pastoral yang dinyatakan oleh Paus Fransiskus.  Tahun Yubileum Kerahiman akan dimulai tanggal 8 Desember 2015, pada Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda, dan akan berlangsung hingga 20 November 2016, Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam. Yang pertama dalam sejarah Tahun-Tahun Yubileum dalam Gereja, kata uskup Denpasar, tahun Yubileum ini memberikan kesempatan bagi keuskupan-keuskupan di seluruh dunia untuk mengambil bagian dalam peristiwa itu dengan membuka Pintu Suci mereka sendiri, atau Pintu Kerahiman Ilahi, di katedral atau di gereja atau di tempat umat dalam wilayah pulau.

Moto “Merciful like the Father” (Maharahim seperti Bapa) merupakan ajakan untuk mengikuti contoh kerahiman Allah yang meminta kita untuk tidak menghakimi atau menyalahkan tetapi sebaliknya memberikan kasih dan pengampunan.
Uskup Mgr Silvester San, Pr mengatakan bahwa Tahun Yubileum itu akan diselingi serangkaian peristiwa perayaan di tahun 2016 yang masing-masing memiliki tema sendiri dan diharapkan seluruh umat dapat mengambil bagian didalamnya.  Pintu kerahiman Illahi di buka di Pulau Lombok yakni di Paroki St. Maria Immaculata Mataram.

Di antara perayaan-perayaan itu adalah pertemuan semua orang yang terlibat dalam ziarah yang akan berlangsung dari 19 hingga 21 Januari 2016, pertemuan umat beriman yang menjalani pengalaman kerahiman ilahi pada tanggal 3 April 2016, dan pertemuan bagi kaum muda untuk menyatakan iman mereka, tanggal 24 April 2016.  Kemudian tanggal 12 Juni 2016 akan ada pertemuan bagi orang sakit dan cacat, dan tanggal 6 November 2016 untuk semua tahanan. Tanggal 4 September 2016 menjadi hari untuk para relawan dan orang-orang yang berkarya dalam karya amal kasih, sedangkan 9 Oktober 2016 didedikasikan untuk spiritualitas Maria. Akhirnya, 29 Mei 2016 akan menjadi Hari Yubileum untuk para diakon, 3 Juni 2016 untuk para imam dan 25 September 2016 untuk para katekis.

Misa pembukaan Pintu kerahiman Illahi diikuti oleh sekitar 1200 umat dari 3 paroki yakni paroki St. Antonius Padua Ampenan, Paroki Praya  Selong dan Paroki Mataram.  Misa dipersembahkan oleh Uskup Denpasar Mgr. DR. Silvester San, Pr dan Deken NTB Rm. Gede Adimika, Pr serta  pastor paroki Rm Maryono, Rm Frans Sidok, SVD, Rm. Guido, SVD, Rm. Yohanes Ariana,Pr dan Rm. Eligius, Pr.




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar